laman

Rabu, 25 April 2012

makalah bahasa indonesia : teknologi 4G

BAB I
PENDAHULUAN

Pekembangan teknologi saat ini bagitu cepat, salah satunya adalah munculnya Teknologi  4G yang merupakan perangkat teknologi komunikasi mobile yang sebentar lagi akan berkompetisi dengan teknologi 3G. Ciri teknologi ini yaitu seluruh jaringannya akan berbasis IP .
Dewasa ini perkembangan teknologi semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia hanya bisa mengikutin perkembangan teknologi yang akan terus terjadi di masa yang akan datang, dan mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan teknologi.
Mungkin masih banyak teknologi yang sudah berkembang saat ini. Tapi kami selaku penulis akan mencoba membahas tentang teknologi 4G, agar kita mengetahui apa keunggulan dari teknologi ini di banding dengan teknologi lainnya.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1.  ARTIKEL 
TEKNOLOGI 4G
Teknologi 4G | Perangkat teknologi komunikasi mobile yang sedang trend saat ini adalah teknologi 3G. namun tahukahanda, bahwa teknologi ini sebentar lagi harus berkompetisi dengan teknologi 4G.

Salah satu ciri khasi teknologi 4G ini adalah seluruh jaringan sudah akanberbasis IP. Teknologi yang dipakai adalah teknologi internet teleponmenggunakan Session Initiation Protocol (SIP). Teknologi SIP ini dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). SIPmenjadi standar yang ‘open’ sehingga semua SDM di seluruh dunia dapat mengambil‘source code’, dan mengimplementasikannya secara langsung secara gratis. Contoh yang nyata dari implementasi sentral telepon 4G ini adalah VoIP Rakyat.

Bila teknologi ini telah diimplementasikan, maka bukan ponsel-ponsel berbasisGSM dengan fitur 3G yang akan populer. Namun penggunaan laptop-laptop yangtelah dilengkapi wi-fi dan softphone (skype, x-lite, dan sjphone) akan lebihoptimal. Bagi pengguna PDA yang sudah dilengkapi wi-fi, PDA dapat digunakansebagai Pre-4G phone. Softphone yang bisa digunakan untuk PDA jenis ini adalahsjphone untuk PPC. IPAQ versi 69 sudah dapat digunakan untuk keperluan pre-4Gini.

Perangkat-perangkat mobile lain yang mendukung Push-To-Talk dan SIP dapat jugadigunakan untuk keperluan berkomunikasi dengan teknologi Pre-4G ini. Selain berbasis IP, teknologi 4G ini memiliki ciri khas bahwa ponsel ini masihakan berfungsi dengan baik bila penggunannya berkomunikasi dengan menggunakanpiranti 4G di dalam kendaraan dengan kecepatan 150 Km/jam dengan kecepatantransfer mencapai 54 Mbps.

Wimax (IEEE802.16e) adalah teknologi wireless yang akan sangat menunjangpenggunaan teknologi 4G ini. Dengan cakupannya yang luas, Wimax memungkinkanperangkat dibawa dalam keadaan bergerak dengan kecepatan 150-200 km/jam sambilmelakukan transfer data dengan kecepatan 54 Mbps.

Dengan bebasnya frekuensi 2.4GHz yang juga merupakan cakupan operasi wimax,aktivitas operasional Wimax akan menjadi sangat murah. Dengan perangkattersebut, teknologi 3G akan tertinggal. Sehingga kita tidak perlu lagi tergiuriklan 3G. Yang pasti, hal yang perlu kita lakukan adalah mengkonsentrasikandiri pada teknologi 4G yang jelas-jelas opensource. Sehingga bangsa kitaterlepas dari jajahan.

2.2.      Pendapat Para Ahli Tentang Teknologi komunikasi: 
  •   Roger (1983) teknologi adalah suatu rancangan (desain) untuk alat bantu tindakan yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hasil yang diinginkan. 
  • Jacques Ellul (1967) Suatu teknologi biasanya mempunyai dua aspek yaitu aspek hardware (terdiri dari material atau objek fisik) dan aspek software ).
  • Gary J. Anglin (1991) mengartikan teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. 
  • Yusufhadi Miarso (2004) .mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem, untuk memecahkan masalah (Yusufhadi Miarso, 2004). 
  • Rogers (1986) Teknologi komunikasi adalah peralatan-peralatan keras, struktur organisasi,dan nilai sosial dengan mana individu mengumpulkan, memperoses terjadinya pertukaran informasi dengan individu lain. 
  • Robert I. Mathis dan Jhon H. Jackson (2004) Perkembangan dan evolusi telekomunikasi dan teknologi yang membantu pengiriman informasi yang cepat. Teknologi komunikasi seperti satelit telah menghadirkan televisi dan layanan telepon nirkabel ke desa-desa terpencil di Afrika, India, China, dan Amerika Latin. Pertumbuhan pengunaan internet di seluruh dunia telah menjadikan orang-orang dan perusahaan-perusahan dapat dengan mudah berkomunikasi dan memiliki akses data dalam jumlah yang sangat besar. 
  • Eric Deeson (1991) Kebutuhan manusia di dalam mengambil dan memindahkan, mengolah dan memproses informasi dalam kontek sisial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan bagaimana implikasinya agar dapat menguntungkann secara individual dan masyarakat secara lebih khusus. 
  • Jaques Ellul (1967) Keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki cara efiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. 
  • Iskandar Alisyahbana (1980) cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia. 
  • Ely (1982) Teknologi mencakup sistem-sistem komunikasi satelit, kabel interaktif dua arah, komputer dan vidio disk serta vidio cassete. 
  • Richard Weiner (1996) Pemerosesan, pengelolahan dan penyebaran data oleh kombinasi komputer dan telekomunikasi.

2.3.      Kelebihan dan Kekurangan dari  artikel yang berjudul Teknologi 4G
2.3.1.   Kelebihannya adalah :
  • Artikelnya menambah wawasan. 
  • Artikelnya tersusun dengan rapi. 
  • Artikelnya menarik dan mudah dimengerti.
2.3.2.   Kelemahannya adalah : 
    •  Ada pemilihan kata yang tidak sesuai. 
    •   Ada beberapa kesalahan pada penulisan, seperti :
1.            Kurangnya tanda spasi pada kalimat.
2.            Kata-kata asing seharusnya di cetak miring.
3.      Pemberian kutip tunggal (‘) pada suatu kata yang dianggap penting seharusnya menggunakan kutip dua (“).
4.     Session Initiation Protocol (SIP) seharusnya ditulis miring menjadi Session Initiation Protocol (SIP).
5.            Terdapat kalimat yang tidak menggunakan huruf kapital setelah tanda titik.
6.            Adanya pemborosan kata.
7.            Memberi spasi antara kata yang dihubungkan dengan tanda garis miring (/).
8.            Memberi tanda spasi setelah kata yang diberi tanda koma (,).



BAB III
PENUTUP

3.1.      Kesimpulan
Teknologi berkembang dengan pesat. Kemajuannya sesungguhnya tergantung pada manusia itu sendiri. Seandainya manusia enggan untuk mengembangkan teknologi, tak mungkin ada kemajuan teknologi. Dengan demikian, kesempatan untuk memperoleh kemudahan dan kesejahteraan yang dapat dicapai dengan bantuan teknologi, yang dimanfaatkan dengan cara yang benar.
Seluruh aspek kehidupan seperti bidang sosial, politik, dan ekonomi, telah bersentuhan dengan teknologi. Dalam bidang sosial, teknologi telah mempercepat terjadinya komunikasi dan mampu mempererat hubungan manusia dari berbagai belahan dunia dengan menggunakan perangkat keras seperti.

3.2.      Saran
1.      Pada artikel ini terdapat beberapa kata yang menggunakan  bahasa asing. seharusnya kata dari bahasa asing dicetak miring. Dalam penulisan diusahakan menggunakan bahasa Indonesia, jika tidak ditemukan kata yang susai kita boleh menggunakan kata-kata dari bahasa asing tapi jangan lupa dicetak miring pada kata tersebut atau memberi garis bawah jika kita menggunakan mesin tik.
2.      Lebih teliti lagi dalam pemilihan kata-kata agar pembaca dapat lebih mudah mengerti isi dari artikel yang dibuat dan lebih teliti dalam penggunaan tanda hubung.



DAFTAR  PUSTAKA


infokomputer, Onno W. Purbo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar